Langsung ke konten utama

Analisis foto tawuran pelajar dari media online Tribunnews.com dan analis foto poster jamal khosaggi



TUGAS 2 JURNALISTIK

NOMER 1


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Belum genap seminggu setelah bentrokan pecah di Jalan Bulungan Jakarta Selatan antara wartawan dengan SMA Negeri 6 Jakarta. Petang ini, Jumat (30/9/2011) tawuran kembali pecah di tempat yang sama antara siswa  SMA 70 dengan siswa yang diduga berasal SMA 82 Jakarta.
Peristiwa tawuran tersebut terjadi sekitar pukul 18.30 WIB, entah mengapa sejumlah siswa yang diduga SMA Negeri 82 Jakarta mendatangi kawasan Bulungan, Jakarta Selatan. Melihat puluhan siswa SMA 70 Jakarta yang telah berkumpul di GOR Bulungan, maka pecahlah tawuran tersebut. 
"Diduga (SMA 70) melawan SMA 82, tawuran bubar setelah petugas datang," kata Kapolsek Kebayoran Baru, Kompol Hando di lokasi kejadian, Jumat (30/9/2011).
Petugas dari Polsek Kebayoran Baru dan Polres Jakarta Selatan yang datang menyisir Jalan Mendawai dan menggeledah sejumlah pelajar yang berkumpul. Hasilnya tiga gear motor dan satu golok ditemukan di parit jalan tersebut. Pelajar yang menggunakan motor itu lalu dibubarkan oleh petugas.
Polisi lalu mendapat informasi bahwa sejumlah pelajar masih berkerumun di dalam GOR Bulungan. Mereka lalu mengumpulkan pelajar dihalaman GOR Bulungan, disana petugas kembali menemukan satu gear motor dan dua stik golf. Salah seorang pelajar SMA 70, Adfais mengatakan dirinya sedang berada di kamar kecil dalam GOR Bulungan lalu mendapatkan teriakan.
"Saya didalam, lalu terdengar teriakan ada serangan, saya langsung keluar," ujar pelajar kelas XI IPS.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Lagi, Tawuran Antarpelajar Pecah di Bulungan, http://www.tribunnews.com/metropolitan/2011/09/30/lagi-tawuran-antarpelajar-pecah-di-bulungan.
Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Johnson Simanjuntak


NOMER 2




TRIBUNNEWS.COM, TURKI - Pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki lebih dari dua pekan lalu mengguncang dunia.
Sejak saat itu, berbagai teori bermunculan terkait pembunuhan jurnalis yang bermukim di Amerika Serikat itu.
Perkembangan terbaru, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan, pembunuhan Khashoggi sudah direncanakan beberapa hari sebelumnya.
Namun, hingga hampir tiga pekan skandal ini bergulir ada sejumlah pertanyaan yang hingga saat ini belum terjawab.
1. Di mana jenazah Jamal Khashoggi?
Sejumlah laporan, salah satunya diklaim Turki, menyebut bahwa jari-jari tangan Khashoggi dipotong saat dia masih hidup.
Kemudian tubuhnya dimutilasi dengan menggunakan gergaji setelah pria itu dipastikan tewas.
Diduga, potongan tubuh Khashoggi dikeluarkan dari gedung konsulat Saudi tetapi hingga saat ini tidak diketahui nasib jenazah Khashoggi.
Sejumlah spekulasi menyebut, potongan tubuh Khashoggi kemungkinan dibuang di Turki atau diterbangkan keluar dari negara itu.
Aparat keamanan Turki sudah mencari di sejumlah lokasi termasuk hutan Belgrade dan kota Yalova, tetapi hasilnya nihil.
Misteri inilah yang kemudian membuat Presiden Erdogan mendesak para penguasa Saudi menjelaskan apa yang terjadi dengan jenazah Khashoggi.
2. Apakah MBS perintahkan pembunuhan Khashoggi?
Muncul klaim bahwa para elite Saudi terlibat langsung atau setidaknya mengetahui rencana menghabisi nyawa Khashoggi.
Sejauh ini, Riyadh membantah putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman terlibat atau mengetahui pembunuhan Khashoggi.
Erdogan menegaskan tidak bisa menerima penjelasan Riyadh terkait pembunuhan Khashoggi dan meminta penjelasan dari pemerintah Saudi.
3. Apakah ada rekaman audio?
Sejumlah sumber Turki mengatakan kepada media terdapat rekaman audio proses interogasi, penyiksaan, hingga pembunuhan Khashoggi.
Namun, hingga saat ini Turki tidak pernah menunjukkan langsung rekaman itu.
Bahkan, Presiden AS Donald Trump ikut meminta bukti rekaman audio itu. Sejumlah sumber mengatakan, Turki belum memberikan rekaman audio itu ke AS atau para sekutunya.
4. Mengapa 15 aparat Saudi berkumpul di konsulat?
Pemerintah Turki mengklaim sebanyak 15 staf intelijen, keamanan, dan forensik Saudi termasuk beberapa jenderal tiba di gedung konsulat secara terpisah di hari pembunuhan terjadi.
Menurut Erdogan salah satu hal pertama yang mereka lakukan adalah melepas "hard drive" dari sistem CCTV konsulat. Ke-15 orang itu keluar dari konsulat beberapa jam setelah kedatanga mereka dan langsung meninggalkan Turki di malam harinya.
5. Mengapa konsulat Saudi tidak langsung digeledah?
Setelah tunangan Khashoggi melapor kepada aparat kepolisian Turki empat jam setelah Khashoggi menghilang barulah polisi melakuan investigasi.
Gedung konsulat tidak langsung digeledah karena terbentur masalah kekebalan diplomatik. Setelah masalah itu diatasi penyelidikan berlanjut tetapi tim penyidik dihalangi saat hendak masuk ke gedung konsulat.
Polisi diizinkan masuk seetlah sejumlah kendaraan meninggalkan konsulat dan para staf serta petugas kebersihan memasuki gedung. Belum ada penjelasan dari pemerintah Saudi soal penundaan penggeledahan di kantor konsulat.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 6 Keanehan dari Pembunuhan Sadis Jurnalis Khashoggi, http://www.tribunnews.com/internasional/2018/10/24/6-keanehan-dari-pembunuhan-sadis-jurnalis-khashoggi.


NOMER 3


Kebijakan Lima Hari Sekolah, Siswa: Pulang Sore dan Keburu Lelah

Beberapa sekolah di kabupaten Ngawi sudah menerapkan lima hari sekolah satu di antaranya SMK PGRI 1 Ngawi.
Tetapi banyak yang menyayangkan hal tersebut .Terutama orang tua murid yang mengkhawartikan anaknya . pagi buta sudah harus berangkat dan pulangnya bisa larut malam . Orang tua murid meminta dinas pendidikan Indonesia harus memikirkan lagi KEBIJAKAN 5 HARI SEKOLAH .

Nama : Rizky Arya Mauulana
Kelas : XI TMMB
Nomer :19






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis foto seorang fotografer yang sedang memotret dari media online cerita-lucu-gokil.blogspot.com

TUGAS 1 JURNALISTIK Nama : Rizky Arya Maulana Kelas : XI TMM B Nomer : 19 NOMER : 1 NOMER 2 Menjadi seorang jurnalistik atau wartawan bukan sekedar seseorang yang mengambil gambar suatu moment tertentu . Namun lebih jauh lagi bagaimana teknik pengembilan gambar agar lebih hidup dan kerena inilah tak jarang fotografer bisa melakukan hal "gila" dan terbilang "konyol". Seperti halnya wartawan yang ada di atas dia mengambil foto densus88 yang sedang melakukan aksi dalam acara ulang tahun polri. link berita : http://cerita-lucu-gokil.blogspot.com/2011/11/wartawan-gila-dan-konyol-saat-mengambil_10.html NOMER : 3 seseorang jurnalistik yang sedang memotret di salah satu tempat wisata yang ada di Ngawi. sangat pagi sekali dia datang ke tempat wisata tersebut .

TUGAS 3 - ANIMASI PESAWAT TERBANG